Mei 02, 2012

BERTUMBUH BERSAMA GEREJA LOKAL


 Sering bahkan terlalu sering ketiga bertemu dengan orang-orang seiman ada satu pertanyaan yang menarik yaitu "GEREJANYA MANA?" mungkin yang dimaksud kalau kegereja dimana dan gereja apa? dan jawaban langsung meluncur yaitu gereja-gereja yang ada di semarang GISI,GKI,JKI,BETHEL dan banyak lagi yang lainnya. bahkan yang mengejutkan ada yang bertanya kenapa di gereja itu, menurut saya ini pertanyaan konyol namun sunnguh menarik ketika mereka ngalor-ngidul bla-bla-bla. Hahaha ternyata selama ini yang saya perbincangkan adalah tentang GEREJA LOKAL.
 jadi pertanyaan adalah apa GEREJA LOKAL ITU ? Tentunya ada dua kata yang harus kita pahami, yaitu GEREJA dan LOKAL. GEREJA dalam Alkitab sering diterjemahkan sebagai jemaat, berasal dari bahasa YUNANI  EKKLESIA yang berarti " orang-orang yang di panggil ke luar"  yaitu dipanggil keluar dari pola pikir dunia ke pola pikir kerajaan sorga. Jadi kata gereja bukan merupakan bentuk fisik suatu bangunan. Sedang kata LOKAL berarti disuatu lokasi tertentu atau daerah tertentu disekitar kita.

Jadi GEREJA LOKAL adalah kumpulan orang orang atau individu individu yang percaya di suatu lokasi tertentu yang ditandai dengan :
1. Pengakuan iman
2. disiplin/persatuan
3. Ketaatan dalam babtisan
4. Bersatu dalam Kristus Yesus
5. Memiliki karunia pelayanan
6. Memelihara perjamuan kudus.*)

*) sumber dari pelajaran Dasar-dasar kekeristenan GEREJA GISI SEMARANG


Dari perbincangan saya dengan orang-orang yang seiman itu muncul berbagai ragam persoalan di dalam berjemaat di dalam gereja lokal, masalah klasik menurut saya karena hampir sama alasan mengapa, bagaimana dan apa dan sebagainya yang menyangkut Gereja Lokal, hal ini penting karena menyangkut BERTUMBUHNYA ROHANI KITA BERSAMA GEREJA LOKAL DI MANA KITA ADA DI DALAMNYA.

Mengapa mereka enggan dan akhirnya mereka keluar dri gereja lokal ? 
 Alasan klasik ini dilatar belakangi oleh keadaan dan kondisi mereka yang terlibat pelayanan di gereja  lokal  tersebut. Mereka sudah tidak melihat lagi teladan yang baik di kehidupan sehari-hari yang secara tidak langsung telah menutup pintu gereja itu sendiri bagi jemaat baru maupun jemaat lama.

1. Misi dan Visi
Ada seorang teman saya mengatakan " lama-lama bosan dengan gereja ini, karena visi dan misinya hanya persembahan dan pesembahan apapun kotbahnya ujung-ujungnya masalah persembahan dan bicara tentang kelimpahan dan jarahan"  Ternyata visi dan misi dapat juga membuat orang bosan dan enggan ke gereja lokal lagi.

2. Kepedulian
 Orang tua sahabat saya suatu hari mengeluh kepada saya " keluarga saya sudah cukup lama menjadi jemaat tapi tidak ada kepedulian sama sekali dengan keluarga saya sama sekelai mungkin terlalu banya jemaat sehingga hamba-hamba Tuhan terlalu sibuk sehingga keluarga saya tidak berarti buat mereka"
dan saat ini saya tahu sahabat saya ini pindah kegereja lokal yang lain.

4. kondisi dan keadaan jemaat
hal ini saya rasakan secara langsung ketika terlibat dalam pelayanan untuk menjadi pembina anak-anak yang menderita SKIZOFRENIA, karena kondisi dan ke adaan saya hanya bisa ke gereja mungkin satu kali paling banyak 2 kali kegereja sehinnga saya sering kegereja lain pada hari sabtu ketika saya off memang tujuannya adalah mencari pencari pencerahan atas firman Tuhan yang disampaikan saat ibadah, namun saya rasa secara prinsip ini tidak baik karena berarti saya seakan loncat sana loncat sini

dapat disimpulkan bertumbuh tidaknya seseorang jemaat disuatu gereja lokal dapat dipengaruhi dari ke 4 hal di atas atau lebih, sehingga kita sering mendapatkan jemaat jarang kegereja bahkan pindah ke gereja lokal lainnya sehingga pertumbuhan rohani mereka naik turun.

Untuk dapat bertumbuh bersama gereja lokal tetntunya sebagai jemaat tidak mersakan hal-hal yang tersebut diatas sehingga jemaat merasa selalu damaisukacita bersama gereja lokal tersebut sehingga perumbuhan rohani jemaat dapat tumbuh dan berkembang dan akhirnya menghasilkan buah, sehingga jemaat dapat memancarkan kemuliaan Yesus dalam diri jemaat.

Dan akhirnya saya diberkati dengan Firman Tuhan yang mengatakan "Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya." ( 1 Korintus 12:27) Pikiran saya melayang dan mendapatkan bahwa walaupun sebagai jemaat ternyata saya adalah bagian yang penting buat gereja lokal itu sendiri, saya berandai-andai seandainya gereja lokal tidak ada jemaat hahaha pasti gereja itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Alkitab juga mengatakan ketika kita masuk dalam gereja loka " Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang,melainkan kawan sewarga dari orang orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah" (Efesus 2:19) Ketika saya membaca ayat ini saya memahami mengapa ada sebagian jemaat harus hengkang ke gereja lain, karena mereka merasa tidak menjadi bagian keluarga gereja lokal tersebut.


yang akhirnya dapat saya simpulkan bertumbuh tidaknya jemaat disuatu gereja lokal ditentukan oleh :
1. Visi dan misi
2. Kepedulian kita sebagai keluarga besar gereja Lokal tersebut
3. situasi dan kondisi baik jemaat maupun yang terlibat dalam pelayanan di gereja lokal tersebut.


Sehingga di dalam gereja lokal orang-orang percaya akan bertumbuh dan akan mengalami pembentukan karakter, mengalami pemulihan yang tidak akan diperoleh di luar gereja lokal.


tetap semangat dan sukses selalu Gbu




*) terima kasih buat GISI SEMARANG dan pastor Beny kurniawan atas materinya





1 komentar: