Mei 23, 2012

FIRMAN TUHAN YANG MEYEGARKAN JIWA



firman Tuhan menyegarkanSetelah lelah bekerja, apa yang bisa membuat anda merasa segar kembali? Jawaban bisa berbeda bagi setiap orang. Ada yang kembali merasa segar dengan mandi, ada yang minum segelas es teh atau sirup maupun juice, ada yang kembali segar dengan beristirahat atau bersantai, ada pula yang dengan jalan-jalan, berlibur atau mungkin pergi fitness. Apapun bentuknya, satu hal yang pasti adalah bahwa tubuh kita butuh disegarkan kembali setelah kita banting tulang atau capai otak dalam bekerja sehari-hari. Jika tidak, maka kita akan mengalami burn-out, kehilangan gairah kerja, fatique atau kelelahan sehingga kualitas pekerjaan pun menjadi tidak maksimal. Tidak itu saja, kita pun bisa mudah jatuh sakit karena kondisi tubuh yang tidak fit. Wajah menjadi muram, sulit tersenyum dan mudah marah. Itupun merupakan gejala biasa dari orang-orang yang terlalu lelah bekerja tanpa punya waktu untuk menyegarkan diri kembali. Jangankan tubuh, berbagai peralatan elektronik pun butuh dicharge agar bisa berfungsi normal. Blackberry, iPad, iPhone, telepon selular, laptop, netbook atau bahkan raket anti nyamuk dan alat-alat lainnya semuanya harus dicharge kalau kita mau terus mempergunakannya.

Tidak hanya tubuh, tapi kondisi rohani, roh dan jiwa kita pun sama-sama membutuhkan penyegaran kembali. Setiap hari kita terus berperang baik melawan berbagai keinginan daging dari diri sendiri maupun berbagai godaan iblis yang terus berusaha untuk menjatuhkan kita. Kondisi ini terus menerus menghabiskan energi, dan jika tidak dijaga, keadaan rohani kita pun bisa kehabisan tenaga dan lama-lama kering kemudian mati. Betapa berbahayanya jika kita membiarkan jiwa kita mengalami kekeringan. Disaat mengalami kekeringan, jiwa kita tidak lagi punya daya tahan kuat untuk menghadapi berbagai tantangan yang bisa melemahkan bahkan menghancurkan kondisi spiritual kita. Tubuh butuh disegarkan, jiwa pun demikian juga.

Daud mengatakan bahwa orang yang mencintai Taurat Tuhan dan mau merenungkannya siang dan malam akan "seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." (Mazmur 1:1-3). Tidak akan layu, terus berbuah dan berhasil dalam segala yang dilakukan. Seperti itu karakter pohon-pohon yang tumbuh di pinggiran sungai. Pohon-pohon ini terus segar karena berada dekat air yang mengalir terus menerus di tempat dimana pohon itu tumbuh. Kondisi tubuh kita bisa kita jaga dengan menjaga pola makan, berolahraga atau kembali disegarkan dengan mengambil waktu-waktu beristirahat, bersantai atau berlibur, tetapi untuk menjaga kebugaran rohani kita butuh asupan firman Tuhan setiap hari. Firman Tuhan akan selalu menguatkan, meneguhkan, memberi kelegaan, dan menyegarkan! Itu tertulis dalam Mazmur: "Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman." (Mazmur 19:8). Firman Tuhan mampu menjawab kebutuhan akan kesegaran jiwa. Dalam bahasa Inggrisnya dikatakan "The law of the Lord is perfect, restoring the whole person." God's words restore us! Itu jelas tertulis dalam Alkitab.

Hidup di dunia yang sulit ini akan membuat stamina rohani kita terus terkuras dengan cepat. Karenanya kita sangat membutuhkan sesuatu yang bisa membuatnya kembali segar, seperti jika anda merasa lemas kepanasan kemudian bertemu dengan air yang segar. A splash of fresh water, "percikan" firman Tuhan akan mengembalikan kesegaran jiwa kita. Dalam Yesaya kita bisa melihat bahwa Tuhan tahu kebutuhan kita akan hal itu dan kabar baiknya Dia berjanji untuk menyediakan itu untuk ita. "Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu. Mereka akan tumbuh seperti rumput di tengah-tengah air, seperti pohon-pohon gandarusa di tepi sungai." (Yesaya 44:3-4). Pengenalan yang mendalam akan Tuhan yang dibangun secara terus menerus pun akan memberikan kita kesegaran seperti ini. Dalam Hosea kita bisa melihat ayat yang menerangkan hal itu. "Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi." (Hosea 6:3) Setelah mengalami kemarau panjang, tidakkah curah hujan akan membuat semuanya menjadi segar kembali? Seperti itulah janji Tuhan untuk kita yang mau bersungguh-sungguh mau mengenalNya.

Adalah sangat penting bagi kita untuk terus membekali jiwa kita dengan firman Tuhan. Daud tahu bagaimana bahagianya jika ia tetap berada dekat dengan firman Tuhan yang penuh dengan kuasa. Bacalah Mazmur 119 dimana Daud menyebutkan dengan detail mengenai bahagianya orang yang hidup menurut Taurat Tuhan. Berkali-kali pula Daud memberikan testimoni dari pengalamannya hidup dekat dengan firman Tuhan. Salah satunya berbunyi seperti ini: "Aku mendapatkan kebahagiaan dalam mentaati perintah-perintah-Mu." (Mazmur 119:55). Dalam bahasa Inggrisnya lebih detail: "This I have had [as the gift of Your grace and as my reward]: that I have kept Your precepts [hearing, receiving, loving, and obeying them]." Tubuh harus disegarkan, jiwa pun demikian. Jiwa kita bisa mengalami kekeringan. Karena itu tetaplah dekat dengan firman Tuhan. Let God's words splash your soul and be refreshed! Jika anda merasa jiwa anda mulai dahaga atau mengalami kekeringan, firman Tuhan adalah hal yang anda butuhkan. Tetap segarkan jiwa dengan firman Tuhan agar kita tetap punya daya tahan yang kuat untuk menghadapi segala tantangan dan kesulitan setiap hari.

Firman Tuhan memberi kesegaran jiwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar